3 Kunci sukses BISNIS ONLINE benarkah ?

Posted by admin On 0 comments
Sekedar renungan … Hampir-hampir “aksioma” bahwa untuk sukses di bisnis online ada tiga kunci yang harus mendapat perhatian serius. Apa itu … 1. Menciptakan Produk, 2. Menciptakan webstore untuk produk (toko online) 3. Promosi.
Eeeeee Benarkah itu???

Menurut aku sih … pernyataan itu bisa benar dan juga bisa salah. Akan menjadi salah ketika ketiganya itu hanya disekedarkan. Sekedar menciptakan produk, sekedar membuat website dan sekedar promosi. Aku yakin kalau hanya sekedar itu kesuksesan bisnis online takkan teraih,

Logikanya … banyak pebisnis online yang tidak hanya sekedar menyekedarkan permasalahan itu saja … terkadang belum membuahkan hasil yang diharapkan, karena optimasi yang dilakukan kurang taktis … apalagi yang hanya sekedar menyekedarkan, he heee … bahasana …

Tapi pernyataan itu akan menjadi benar ketika ketiga-tiganya itu dioptimasikan. Produk yang benar-benar optimal, website yang dioptimalkan, dan promosi yang optimal juga. Kuncinya adalah optimasi-optimasi dan optimasi. Dan berbicara tentang optimasi … adalah pekerjaan yang sulit dan melelahkan.

Sulit karena banyak saingan … melelahkan karena harus melawan kemalaslan dan keterdiaman dan mengurangi “kesenangan” di jaringan social.

Ingin sukses bisnis online berarti … bersiap-siaplah untuk menghadapi kesulitan-kesulitan sekaligus action-action yang melelahkan, serta menahan diri dari refresing di jaringan social.

Dan itulah perdjoangan … bener g’ sih …